Peradaban Dunia Sebelum Tumbuhnya Peradaban Islam

1. peradaban yunani

sebelum agama islam masuk ke eropa, dikalangan bangsa barat sudah ada peradaban dan kepercayaan. Yang mereka anut pada sangan t itu adalah mengakui banyak tuhan atau politheisme. Kepercayaan yang menonjol di kalangan mereka saat itu bahwa tuhan bertempat di gunung olimpus. Dewa yang tertinggi bertahta di gunung itu adalah dewa zeus. Dewa zeus menguasai beberapa dewa lainnya, seperti dewa ares (dewa peraga), dewa artemis (dewa perburuhan), dan lain sebagainya.

Bangsa yunani pada saat itu telah memiliki pengetahuan tinggi, mereka mampu mendirikan negara kota seperti sparta, athena, thebe, dengan korinthia. Pembentukan negara kota seperti ini tidak hanya terjadi di yunani saja, namun juga di pulau pulau laut aegea dan mediteranian.

Kemampuan yang mereka miliki tersebar ke beberapa wilayah lain, bersamaan dengan kepindahan merka ke tmpat yang baru (kolonisasi).mereka meninggalkan kota menuju asia kecil thrasia, yaitu daerah sepanjang laut hitama, italia dan laut sisilia.

2. peradaban romawi

bangsa romawi sangat mahir dalam ilmu pemerintahan yang diterapkannya dalam menjalankan administrasi pemerintahan di wilayah yang dikuasainya.

3. peradaban mesir

Kebudayaan mesir merupakan salah satu kebudayaan sungai, yaitu sebuah kebudayaan yang banyak terpengaruh dari endapan lumpur sungai, yaitu sungai nil.sungai nil merupakan sungai terpanjang di dunia.

Terdapat pula peninggalan kebudayaan mesir kuno, seperti memphis, thebes, gizah, luxor dan sebagainya. Di gizah terdapat makam para raja raja yang berbentuk piramida dan patung singa berkepala manusia yang disebut spinx.

Bangsa mesir kuno telah mampu membagi bulan dan mengenal tulisan yang disebut helioglip.

4. Peradaban persia

Diwilayah asia barat terdapat peradaban yang tinggi yang dimiliki bangsa persia, mereka ahli dalam politik dan militer. Kebudayaan mereka bercampuran antara kebudayaan asli dengan mesopotamia (daerah yang pernah ditaklukannya).

Bangsa persia membangun tambang tambang besar dan kuil kuil seperti kuil di babilonia dan siria. Bangsa persia telah mengenal alfabet yang terdiri dari 39 huruf. Mereka mengenal ilmu astronomi dari bangsa babilonia. Bangsa zoroaster menganut ajaran zoroaster yang hidup sekitar 600 SM. Menurut ajaran zoroaster hidup adalah peperangan antara kebaikan (dewa kebijaksanaan ahuramazda) dan kejahatan (dewa perusak ahriman).

Penganut zoroaster harus ramah, jujur, tulus, dan bersahabat dengan sesamanya. Jika penganut zoroaster meninggal ia dapat melewati api yang ada diantara dunia dan surga tanpa terluka. Untuk mereka ada sebuah jembatan lebar yang menghubungkan surga dengan dunia. Raja raja persia terkenal adalah penganut zoroaster. Bahkan raja darius dalam satu prasastinya mengatakan “atas kehendak ahuramazda yang memilih aku dan menjadikan aku raja seluruh dunia”. Raja persia lainnya ataxerxes 1 mengeluarkan kalender dengan nama nama dewa zoroaster sebagai nama nama bulannya. Bangsa persia akhirnya ditaklukan oleh islam pada abad 7 M oleh khalifah umar bin khattab r.a.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang blog ini

blog ini adalah blog yang menampilkan berbagai macam tips dan trik

Teman