Khulafaur Rasyidin

Ketika abu bakar menjabat sebagai khalifah ia berkeinginan memperluas wilayah hingga ke syiria yang waktu itu di bawah kekuasaan romawi timur yang dipimpin kaisar heraklius. Untuk keinginan itu beliau menugaskan 4 panglima:

  1. yazid bin abi sufya ditugaskan ke damaskus
  2. abu ubaidah bin jarrah ditugaskan ke homs
  3. amru bin ash di tugaskan ke palestina
  4. surahbil bin hasanah ditugaskan ke yordania

pada masa umaar bin khattab pengembangan islam terus di lakukan. Kemenangan pada perang yanmurk masa abu bakar membuka jalan bagi umar bin khattab meraih kemenangan atas tentara roma di ajnadar pada tahun 16 H/636 M dan beberapa kota di pesisir syiria dan palestina seperti jaffa, gizar, romla, typus, uka, askalon dan beirut. Juga melanjutkan pengembangan ke persia di bawah pimpinan saad bin abi waqash.

Khalifah umar juga mengembangkan islam ke mesir di bawah pimpinan amru bin ash dengan pasukan 4000 orang berhasil menghancurkan gerbang al arisy, al farma, bilbis, tendonius, ain syams dan iskandariah.

Pada masa khalifah utsman bin affan melakukan perluasan wilayah ke azerbaijan, tabaristan, armenia, persia, cyprus, rodesia, tunisia, dan nubia.

Sering terjadinya unsur kekeluagaan di pemerintahan, terjadi ketidaksenangan masyarakat islam. Akhirnya terjadilah kerusuhan dan mengakibatkan kematiannya pada tahun 35H/656M.

Pada masa khalifah ali timbul beberapa gerakan yang menentang pemerintahannya. Akibatnya timbul beberapa golongan antara lain:

  1. golongan ali
  2. golongan muawiyah, yaitu orang orang yang menghendaki muawiyah menjadi khalifah dengan dalih menuntut pengusutan kasus pembunuhan utsman
  3. golongan aisyah, thalhah dan zubair.
Karena hal ini menyebabkan terjadinya perang jamal (ali vs aisyah), perang shiffin (ali vs muawiyah).

1 komentar:

terima kasih artikelnya. mantap.

www.kiostiket.com

Posting Komentar

Tentang blog ini

blog ini adalah blog yang menampilkan berbagai macam tips dan trik

Teman